Unik dan Instagramable!! Instalasi Wayang Jerami di Balai Kota Ini Bisa Jadi Spot Foto Selfie

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:03 WIB
Instalasi wayangsuket di halaman Balai Kota Solo menjadi spot foto baru yang diburu warga untuk berswafoto. (Wijayanti Putrisejati)
Instalasi wayangsuket di halaman Balai Kota Solo menjadi spot foto baru yang diburu warga untuk berswafoto. (Wijayanti Putrisejati)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Bagi kamu yang suka selfie alias berswafoto di lokasi yang unik, Balai Kota Solo punya spot foto baru yang pastinya instagramable dan sayang untuk dilewatkan. Letaknya pun mudah dijangkau yakni di halaman depan dan di belakang plasa.

Adapun spot foto yang dimaksud berupa seni instalasi wayang jerami berukuran besar. Di malam hari tampilannya semakin cantik dengan lampu tembak berwarna kuning yang diletakkan di setiap pojok instalasi.

Rupanya sebelum dipasang di halaman Balai Kota Solo, instalasi wayang jeraim tersebut sempat dipasang di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT). Dan oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka diboyong ke lokasinya saat ini.

Baca Juga: Miris, Pacar Tak Mau Tanggung Jawab Perempuan di Nguter Nekat Bekap dan Buang Bayi yang Baru Dilahirkan

“Mas Wali (Gibran) meminta saya memasang instalasi itu ke Balai Kota. Ya, saya senang sekali karena bisa mengenalkan seni instalasi kepada masyarakat,” kata Parjiyo, seniman yang membuat instalasi wayang suket tersebut.

Ia mengaku tak ada tokoh wayang khusus dalam karya instalasinya itu. Namun hanya wayang yang menunjukkan sosok tokoh laki-laki dan perempuan saja.

Untuk pembuatannya dibutuhkan waktu satu bulan dan dikerjakan oleh tiga orang perupa.
Selain jerami, bahan lain yang dibutuhkan adalah bambu dan kawat.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, BNPB : Peningkatan Aktivitas Terdeteksi Sejak Pukul 14.47 WIB

“Jumlahnya ada 45 wayang, setelah dipasang di balai kota kemudian saya tambahi hiasan bentuk awan-awan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X