Antisipasi PMK yang Tengah Mewabah, Berikut Tips dari Akademisi untuk Panitia Kurban

- Kamis, 30 Juni 2022 | 15:59 WIB
ilustrasi sapi (dok)
ilustrasi sapi (dok)

JEBRES,AYOSOLO.ID– Hari Raya Idul Adha tahun ini tak hanya digelar di tengah Pandemi Covid-19, namun juga merebaknya wabah penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di sejumlah wilayah. Termasuk Solo Raya. 

Meski tak menular ke manusia, namun penyakit yang menjangkiti hewan ternak, khususnya sapi tersebut harus tetap diwaspadai. Apalagi untuk hewan kurban, karena sehat menjadi syarat mutlak hewan kurban. Sehingga masyarakat kurban, khususnya panitia kurban harus memperhatikan betul kondisi sapi yang akan dipilih. 

Untuk itu, berikut sejumlah tips yang diberikan  Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Program Studi (Prodi) Peternakan, Fakultas Pertanian (FP), Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sulistyo agar aman memilih hewan kurban

Baca Juga: KPU Rilis 27 Parpol yang Miliki Akun Sipol, Ini Daftarnya

“Salah satu gejala yang bisa dilihat dengan jelas jika hewan ternak terpapar PMK adalah mengeluarkan air liur yang banyak, terdapat bercak merah di mulut hewan, dan terdapat luka di kuku hewan. Kalau mendapati hewan ternak tersebut maka sebaiknya dihindari jika ingin dijadikan hewan kurban,” ujarnya.

Selain tips dalam memilih, Sulistyo juga memaparkan beberapa tips yang bisa dilakukan panitia kurban di tempat penyembelihan hewan sebagai antisipasi jika menemukan adanya hewan kurban yang terjangkit PMK

Pertama, panitia kurban hendaknya menyiapkan dandang-dandang besar saat penyembelihan. Hal ini akan memudahkan panitia jika ternyata hewan kurban yang disembelih ternyata mengidap PMK.

Baca Juga: Ombudsman Dorong Pemprov Jateng Tambah Sekolah di Kota Solo untuk Pemerataan Zonasi

Karena berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), hewan ternak yang terkena PMK dalam taraf sedang masih sah untuk dikurbankan. Namun, pembagian hewan kurban yang terkena PMK ringan tersebut memiliki cara khusus. 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X