Diujicobakan, Desember PLTSa Putri Cempo Mulai Produksi Listrik

- Selasa, 28 Juni 2022 | 23:40 WIB
Commisioning atau uji coba produksi PLTSa Putri Cempo, Senin 28 Juni 2022.  (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Commisioning atau uji coba produksi PLTSa Putri Cempo, Senin 28 Juni 2022. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

JEBRES,AYOSOLO.ID– Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo akhirnya melakukan uji coba operasional (Commissioning) pertama setelah enam tahun berlalu sejak kali pertama MoU ditandatangani.  

Direktur PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP), selaku operator,  Elan Syuherlan mengatakan, uji coba tersebut sekaligus membuktikan PLTSa benar-benar bisa menghasilkan listrik dari pengolahan sampah.

“Jadi kita dapat melihat solusi untuk mengatasi persoalan sampah," kata dia.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Rabu 29 Juni 2022 untuk Leo, Capricorn dan Aquarius: Ujian untuk Emosi

Ia pun optimistis Desember mendatang PLTSa Putri Cempo sudah bisa memproduksi listrik secara maksimal sesuai target, yakni 8 Megawatt per hari dengan mengoperasikan delapan mesin produksi yang akan dipasang. Sementara saat ini pihaknya baru mengoperasikan empat mesin produksinya. 

"Untuk empat mesin yang belum terpasang, saat ini sebagian peralatannya sudah datang. Hanya yang besar-besar belum datang, masih dalam perjalanan. Desember insyaallah semua terpasang," ujarnya.

Adapun listrik 8 Megawatt yang akan dihasilkan PLTSa Putri Cempo, Erlan mengatakan sebanyak 5 Megawatt akan disalurkan ke PLN, sementara 3 Megawatt lainnya akan digunakan sendiri oleh PLTSa Putri Cempo untuk proses produksi. 

Baca Juga: Pertajam Lini Serang di Liga 1, PSS Sleman Resmi Dapatkan Mychell Chagas

“Listrik sebanyak 8 Megawatt bisa dihasilkan dari pengolahan 545 ton sampah per hari. Dimana saat ini sebanyak 350 ton merupakan sampah baru dan sisanya sebanyak 200 ton s dari sampah lama,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X