Gaji Tak Sesuai Ekspektasi, Dua CPNS Rekrutmen 2021 Pemkot Solo Pilih Mundur

- Kamis, 2 Juni 2022 | 12:27 WIB
Ilustrasi CPNS (dok)
Ilustrasi CPNS (dok)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Fenomena Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang memilih mundur setelah dinyatakan diterima ternyata juga terjadi di kota bengawan. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mencatat ada dua calon pegawainya yang menyatakan mundur saat proses pemberkasan. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo, Dwi Ariyatno mengatakan, dua CPNS yang mundur tersebut adalah dari formasi tenaga kesehatan, yakni spesialis dokter gigi dan psikolog klinis.

“Ada dua CPNS yang mengajukan mundur ke Pemkot Solo. Mereka CPNS hasil rekrutmen 2021," ujar Dwi.

Baca Juga: Murah Meriah dan Cepat, Ini Jadwal KRL Solo-Jogja untuk Kamis 2 Juni 2022

Saat ditanya alasan mengapa mengundurkan diri padahal sudah dinyatakan diterima dan lolos seleksi, Dwi mengatakan sudah menanyakan hal tersebut kepada yang bersangkutan dan ternyata dikarenakan tak sesuai ekspektasi, termasuk urusan gaji. 

"Mereka sudah mengungkapkan alasannya mundur karena tidak sesuai dengan ekspektasinya waktu melamar jadi abdi negara. Ditambah ada yang menyatakan sudah diterima di tempat lain makanya lebih memilih mundur dari CPNS," papar dia.

Meski mengundurkan diri, namun Dwi mengatakan tidak ada sanksi untuk keduanya, karena belum diangkat dan baru proses pemberkasan setelah dinyatakan lolos seleksi. Karena sesuai aturan BKN, sanksi diberikan kalau ada CPNS yang sudah mendapat SK pengangkatan mundur.

Baca Juga: Didominasi Cuaca Berawan, Ini Prakiraan Cuaca Solo Raya untuk Kamis 2 Juni 2022

“Itu juga tahu kalau keduanya mundur karena saat pemberkasan tidak datang. Saat kita hubungi katanya mundur makanya tidak datang. Padahal harusnya kalau mau mundur harus buat surat pernyataan, makanya kemudian kita minta untuk membuat surat pengunduran diri dan suratnya sudah kami sampaikan ke Wali Kota (Solo),” ucapnnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Samsat Keliling Kota Solo Selasa 27 September 2022

Selasa, 27 September 2022 | 09:17 WIB
X