Lewat Musik, Cara #IndonesiSerasi Jaga Persatuan di Tengah Perbedaan

- Kamis, 19 Mei 2022 | 23:02 WIB
Sejumlah tokoh ikut mendukung gerakan #IndonesiaSerasi yang dikemas melalui musik. (ayosolo.id/video capture zoom meeting)
Sejumlah tokoh ikut mendukung gerakan #IndonesiaSerasi yang dikemas melalui musik. (ayosolo.id/video capture zoom meeting)

JAKARTA, AYOSOLO.ID– Makin bebasnya orang melemparkan cacian dan makian serta saling hina di ruang publik dunia maya, baik dalam bentuk verbal maupun tulisan hingga tindak kekerasan yang seolah menjadi hal biasa mengundang keprihatinan sendiri para tokoh nasional dari berbagai kalangan. 

Hingga akhirnya digagas gerakan berskala nasional yang ditujukan untuk menanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima adanya perbedaan agama dan keragaman budaya, serta menanamkan rasa cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z. Yakni gerakan dengan tagar #IndonesiaSerasi

"Perlu sebuah gerakan, dimana gerakan ini bersifat independen, lintas suku, agama, ras, dan golongan, serta tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi mana pun," ujar inisiator gerakan Indonesia Serasi, Hadad Alwi Assegaf dalam zoom meeting, Kamis 19 Mei 2022. 

Baca Juga: Hujan Kartu Merah di Akhir Laga! Kalah 0-1 Lawan Thailand, Indonesia Gagal ke Final SEA Games 2021

Dan sebagai media serta bentuk konkret, gerakan #IndonesiaSerasi memilih musik sebagai alat untuk menyampaikan pesan-pesan yang dimaksudkan. Karena musik terbukti bisa diterima oleh masyarakat dari berbagai golongan, tingkat ekonomi dan pendidikan apa pun. 

Dan sebagai media  sudah disiapkan sejumlah lagu yang mengambil tema persatuan dan akan diviralkan satu demi satu selama sekurangnya setahun ke depan, melalui berbagai platform media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

“Ini (musik-red) bahasa universal. Bisa digunakan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia," tegas Hadad Alwi. 

Baca Juga: Welcome-welcome! Susul Kevin Gomes, Andri Ibo Mantap Gabung Persis Solo

Adapun sebagai pembuka telah dirilis lagu pertama berjudul Indonesia Serasi, yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A. Lagu ini diadaptasi dari dua lagu daerah Kalimantan Selatan, yakni Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X