Hasil Pengecekan di RPH di Solo, Belum Ditemukan Hewan Ternak Terjangkit PMK

- Jumat, 13 Mei 2022 | 23:18 WIB
Di Kota Solo, hingga Kamis 12 Mei 2022 belum ditemukan hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan sapi (PMK). (dok Polsek Pasarkliwon)
Di Kota Solo, hingga Kamis 12 Mei 2022 belum ditemukan hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan sapi (PMK). (dok Polsek Pasarkliwon)

BANJARSARI, AYOSOLO.ID – Di Kota Solo, hingga Kamis 12 Mei 2022 belum ditemukan hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan sapi (PMK).

Wabah PMK saat ini tengah menjadi perhatian pemerintah karena mulai tersebar di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Upaya mitigasi dari pemerintah pun sudah dilakukan agar wabah PMK ini tidak menyebar ke daerah-daerah lainnya.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, berdasarkan pengecekan di beberapa tempat pasar hewan dan penjagalan, belum ditemukan hewan ternak yang terjangkit PMK.

Baca Juga: Bunda Wajib Tahu! Waswas Anak Terkena Hepatitis Akut Misterius, Simak Cara Mudah Mencegah Penularannya

Ade Safri mengemukakan, tim Satgas Pangan Polresta Surakarta bersama dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta melakukan pengecekan hewak ternak di rumah pemotongan hewan (RPH) dan peternakan sapi di Putri Cempo Solo.

"Dari hasil pengecekan dengan dinas terkait, sampai kemarin (Kamis 12 Mei 2022) itu hasilnya negatif PMK atau tidak ditemukan hewan terpapar PMK," ungkap Ade Safri Simanjuntak saat ditemui di Mapolresta Surakarta, Jumat 13 Mei 2022, sore.

Meskipun demikian, pihaknya terus melakukan langkah-langkah mitigasi, termasuk mengawasi arus mobilitas perdagangan sapi di Kota Solo.

Baca Juga: Panaskan Bursa Transfer Liga 1, Welcome-welcome Lagi, Persis Solo Resmi Kontrak M Riyandi

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X