CFD Mulai Diujicobakan Minggu Besok, Ini Aturan Baru Bagi Pedagang

- Jumat, 13 Mei 2022 | 17:14 WIB
Lokasi kantong-kantong untuk pedagang berjualan saat CFD.  (ayosolo.id/dok. Disdag Kota Solo)
Lokasi kantong-kantong untuk pedagang berjualan saat CFD. (ayosolo.id/dok. Disdag Kota Solo)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Solo Car Free Day (CFD) akhirnya dipastikan akan kembali diadakan Minggu 15 Mei 2022 besok. Jika dibandingkan dengan sebelum Pandemi Covid-19, ada sejumlah hal yang berubah. Khususnya aturan bagi pedagang.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Heru Sunardi mengatakan, akan ada pembagian untuk pedagang yang akan berjualan di CFD. Yakni pedagang yang akan tetap berjualan di city walk seperti biasanya dan pedagang yang harus pindah ke sejumlah lokasi yang disiapkan untuk kantong berjualan.

“Jadi untuk pedagang di CFD tetap diperbolehkan, baik kuliner, pakaian maupun permainan. Tapi nantinya ada yang ditempatkan di kantong-kantong yang kita siapkan di halaman perkantoran dan fasilitas milik Pemkot Solo,” ujarnya kepada awak media di Balai Kota Solo, Jumat 13 Mei 2022.

Baca Juga: Babak Pertama Filipina vs Indonesia, Garuda Muda Menang 2-0 Lewat Gol M Ridwan dan Rizky Ridho

Untuk pedagang yang tetap berjualan di city walk, lanjut Heru hanyalah untuk mereka yang selama ini berjualan di zona mulai dari Simpang Empat Gendengan hingga Simpang Empat Ngapeman. Mereka diperbolehkan berjualan di tempat sama seperti sebelum Pandemi Covid-19. 

Sedangkan untuk pedagang yang berada di zona mulai dari Simpang Empat Ngapeman hingga Bundaran Gladak harus berjualan di kantong-kantong pedagang yang sudah disiapkan Pemkot Solo. Yakni di halaman Kantor Dinas Sosial dengan kapasitas 26 pedagang , Dinas Tenaga Kerja 11 pedagang, Graha Wisata Niaga dan Museum Radya Pustaka untuk 137 pedagang,  halaman Galabo 251 pedagang, Benteng Vastenburg 550 pedagang, dan sebagai cadangan Balai Kota Solo sisi selatan sebanyak 137 pedagang

“Total kapasitas kantong-kantong pedagang ini bisa menampung 1.118 pedagang, sedangkan untuk yang zona Ngapeman hingga Gendengan sekitar 800 pedagang yang selama ini sudah existing,” kata Heru.

Baca Juga: Konsep Beramal ala Crazy Rich Grobogan Joko Suranto: Berbagi Tak Harus Menunggu Kaya, Nanti “Eman-Eman”

Terkait keberadaan kantong di halaman Galabo dan Benteng Vastenburg tersebut, Heru mengatakan hal tersebut dikarenakan lokasi CFD memang diperpanjang tak hanya di Jalan Slamet Riyadi saja namun hingga Jalan Jenderal Sudirman namun hanya untuk ruas jalan sisi timur saja.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X