Konsep Beramal ala Crazy Rich Grobogan Joko Suranto: Berbagi Tak Harus Menunggu Kaya, Nanti “Eman-Eman”

- Jumat, 13 Mei 2022 | 11:28 WIB
Ngobrol Bareng IKA UNS “Share And Care: The Key of Crazy Rich?” yang menghadirkan Crazy Rich Grobogan, Joko Suranto. (ayosolo.id/dok. Humas UNS Solo)
Ngobrol Bareng IKA UNS “Share And Care: The Key of Crazy Rich?” yang menghadirkan Crazy Rich Grobogan, Joko Suranto. (ayosolo.id/dok. Humas UNS Solo)

JEBRES,AYOSOLO.ID– Viral dengan aksi dermawannya membangun jalan di kampung halaman dengan uang pribadi seniai Rp2,8 miliar, membuat pengusaha properti Joko Suranto mendapat julukan Crazy Rich Grobogan.  

Namun sebenarnya, sudah sejak lama “jiwa berbagi tersebut dimiliki Ketua Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Jawa Barat itu. Karena ia memiliki prinsip berbagi tak harus menunggu hingga kaya. 

Ketika mulai berbagi tak harus menunggu kaya. Ungkapan itu hanyalah omong kosong. Kalau nunggu kaya dulu itu pasti eman-eman,” kata Joko saat Ngobrol Bareng IKA UNS Share And Care: The Key of Crazy Rich?

Baca Juga: Hari Terakhir Berlaku 12 Trip dari Kota Bengawan, Ini Jadwal KRL Solo-Jogja Jumat 13 Mei 2022

Selama keberlangsungan acara yang digelar melalui zoom meeting itu, Joko menceritakan bagaimana jiwa berbagi bisa melekat dalam dirinya. Ia juga menjelaskan bahwa berbagi bukan masalah seberapa besar angka yang diberi. Tetapi niatkan karena sedekah. 

“Kuncinya yakin, fokus, serius, dan konsisten,” imbuhnya.

Menurutnya untuk memulai berbagi hal terpenting adalah menetapkan hati untuk berbagi. Kemudian kerjakan karena itu yang membuat kita senantiasa berbagi. Sebagaimana sloganya “hanya yang berjalan yang akan sampai”.

Baca Juga: Hujan Ringan di Sore dan Malam Hari, Ini Prakiraan Cuaca Solo Raya Jumat 13 Mei 2022

“Memang saat kita memulai melatih diri untuk berbagi itu berat. Tapi dari situ kita menjadi punya keyakinan, kita punya kedisiplinan terlebih dalam mengelola keuangan, dalam menata perilaku kita. Dengan berbagi jadi pengendalian diri, kita menjadi lebih berhemat,” tambah Joko. 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X