Begini Kronologis Burhanudin Membeli Lahan di Lokasi Bekas Benteng Keraton Kartasura

- Kamis, 12 Mei 2022 | 21:22 WIB
Bambang Ary menunjukkan bukti kwitansi pembelian tanah saat jumpa pers, Kamis 12 Mei 2022. (Ayosolo/Budi Cahyono)
Bambang Ary menunjukkan bukti kwitansi pembelian tanah saat jumpa pers, Kamis 12 Mei 2022. (Ayosolo/Budi Cahyono)

SOLO, AYOSOLO.ID – Begini kronologis Burhanudin membeli lahan di lokasi bekas Benteng Keraton Kartasura yang akhirnya bermasalah karena dirobohkan.

Pemilik lahan Burhanudin pun baru saja diperiksa dan dimintai keterangan oleh Tim Kejaksaan Agung (Kejagung) di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo, Rabu 11 Mei 2022. 

Lalu bagaimana kepemindahan sertifikat tanah tersebut hingga jatuh ke tangan Burhanudin dan saat ini bermasalah.

Begini kronologis Burhanudin membeli lahan di Lokasi Bekas Benteng Keraton Kartasura yang akhirnya bermasalah karena dirobohkan.

Baca Juga: Kasus Perusakan Benteng Bekas Keraton Kartasura: Mengaku Salah, Kuasa Hukum Pemilik Lahan Tawarkan Mediasi

Kuasa Hukum pemilik lahan, Bambang Ary Wibowo pun menawarkan untuk proses mediasi. Kliennya dihujani tujuh pertanyaan terkait kepemilikan tanah dan bangunan cagar budaya (BCB).

"Kalau boleh membagi ada dua persoalan hukum ditanyakan. Pertama terkait bagaimana kepemilikan tanah, sedangkan yang kedua terkait bangunan cagar budaya (BCB)," kata Bambang Ary saat jumpa pers, Kamis 12 Mei 2022, siang.

"Jadi tanah itu dibeli sudah dalam bentuk sertifikat hak milik. Sertifikat hak milik Itu atas nama saudara Lina Wiraswati yang tinggal di Lampung," ungkapnya.

Proses pembelian tanah tersebut terjadi pada 17 Februari 2022 lalu senilai Rp850 juta dengan seluas 682 meter persegi. Tapi itu dibayar sebesar Rp400 juta, sedangkan sisanya akan diselesaikan bulan Oktober 2022 nanti secara bertahap.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X