Hujan Sejak Sore, Rumah Warga di Sepanjang Sungai Jenes Terendam Banjir

- Jumat, 21 Januari 2022 | 22:33 WIB
Kondisi banjir di Kampung Ledoksari, Pajang, Laweyan.  (ayosolo.id/WAG KOMPAS REL-I)
Kondisi banjir di Kampung Ledoksari, Pajang, Laweyan. (ayosolo.id/WAG KOMPAS REL-I)

LAWEYAN,AYOSOLO.ID– Sejumlah rumah warga yang ada di dua kampung di Kelurahan Pajang, yakni Kampung Totosari RW 14 dan Ledoksari RW 10 terendam banjir akibat meluapnya Sungai Jenes yang melintas di dua wilayah tersebut. Warga pun terpaksa diungsikan ke tempat yang aman karena air sempat mencapai dada orang dewasa. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo Solo, Nico Agus Putranto mengatakan, meluapnya Sungai Jenes tersebut dikarenakan kiriman air dari Boyolali. Dan juga tingginya curah hujan yang mengguyur sejak sore hari. 

“Sejak sore wilayah Solo diguyur hujan lebat merata, kemudian juga ada kiriman air dari Boyolali yang masuk ke Sungai Jenes sehingga membuatnya meluap,” ujarnya. 

Baca Juga: Ditangkap Tim Sparta, Ini yang Dilakukan Satpol PP kepada Dua Pelaku Vandalisme di Sumber

Nico menambahkan, berdasarkan laporan yang diterima, air mulai masuk ke rumah warga pada pukul 18.00 WIB. Dan semakin malam semakin meninggi seiring tak kunjung redanya hujan yang turun. 

“Pasar Jongke juga kebanjiran. Kalau wilayah Pajang yang paling parah di RT 1 RW 14,” ucapnya. 

Ia mengatakan, mayoritas rumah warga yang terdampak memang berada di sepanjang Sungai Jenes atau berada di bantaran. Karena itu, selain di Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, sejumlah rumah warga yang ada di wilayah Kelurahan/Kecamatan Serengan yang berada di bantaran Sungai Jenes juga ikut terdampak. 

Baca Juga: Resmi! Joko Susilo Ditunjuk Sebagai Direktur Teknik Akademi Arema

“Kalau yang di Serengan tadi dibantu petugas kita evakuasi ke Balai Kelurahan Serengan. Yang di Totogan tadi ada 13 rumah yang butuh dievakuasi tapi ke daerah sekitar situ-situ juga,” ujarnya.***

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X