Jalani Blended Learning Selama Pandemi Covid-19, Guru Dituntut Miliki Inovasi

- Kamis, 16 Desember 2021 | 21:16 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyerahkan hadiah kepada pemenang Penganugerahan Lomba Literasi bagi siswa maupun guru di Solo Raya  di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis 16 Desember 2021. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyerahkan hadiah kepada pemenang Penganugerahan Lomba Literasi bagi siswa maupun guru di Solo Raya di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis 16 Desember 2021. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama dua tahun terakhir membawa banyak perubahan dalam kebiasaan manusia. Termasuk dalam bidang pendidikan.

Sebagaimana diketahui, selama Pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar (KBM) menggunakan sistem daring (online) atau yang disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dan seiring dengan melandainya kasus positif di Tanah Air beberapa waktu terakhir pembelajaran luring atau tatap muka (PTM) kembali dimulai.

Meski pada prakteknya, PJJ juga masih dilakukan mengingat aturan pembatasan kapasitas terkait penerapan protokol kesehatan (prokes). Alhasil, blended learning pun menjad hal yang awam dilakukan dalam sistem pendidikan Indonesia saat ini.

Baca Juga: Cek Persiapan Perayaan Natal di Gereja, Gibran: SOP untuk Jemaat Sudah Sangat Bagus

Di sisi lain, dalam metode blended learning guru harus memiliki inovasi agar anak didiknya dapat menangkap pelajaran yang diberikan dengan baik.  

Berdasarkan tuntutan itulah Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bekerjasama dengan platform digital Hafecs dan Guru Inovatif menggelar Penganugerahan Lomba Literasi bagi siswa maupun guru di Solo Raya untuk memacu para pendidik untuk berinovasi. 

“Inovasi merupakan hal yang wajib dimiliki tenaga pendidik saat ini di masa Pandemi Covid-19 ini. Guru juga dituntut dapat menguasai IT, sehingga bisa mengikuti perkembangan zaman,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo Etty Retnowati saat ditemui usai penyerahan penghargaan  Penganugerahan Lomba Literasi bagi siswa maupun guru di Solo Raya yang digelar di Balai Kota Solo, Kamis 16 Desember 2021. 

Baca Juga: Ramalan Zodiak Kamis, 16 Desember 2021 untuk Cancer, Libra dan Sagittarius: Nikmati Waktu Bersenang-senang

Selain memacu guru untuk mau berinovasi, lanjutnya, dengan mengikuti program yang digelar Hafecs dan Guru Inovatif tersebut juga mampu meningkatkan kualitas guru dan siswa. Karena sebelum berkompetisi para peserta mendapatkan pelatihan selama satu bulan.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI Kota Solo Hari Rabu 1 Februari 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:59 WIB

Jadwal KRL Solo-Jogja untuk Rabu 1 Februari 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:15 WIB

Stok Darah PMI Kota Solo Hari Selasa 31 Januari 2023

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:09 WIB

Jadwal KRL Solo-Jogja untuk Selasa 31 Januari 2023

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:59 WIB
X