APG IX 2022 SOLO: Digelar di Tengah Pandemi Covid-19, Bakal Terapkan Sistem Gelembung

- Rabu, 22 Juni 2022 | 18:58 WIB
Ketua Panitia Penyelenggara APG 2022 Gibran Rakabuming Raka (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Ketua Panitia Penyelenggara APG 2022 Gibran Rakabuming Raka (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Digelar di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) 2022 di Kota Solo akan menerapkan sistem gelembung per cabang olahraga.

Ketua Panitia Penyelenggara APG 2022 Gibran Rakabuming Raka mengatakan, penerapan sistem gelembung tersebut akan membuat pengawasan dan antisipasi paparan Covid-19 akan lebih mudah. 

“Nanti akan menggunakan sistem bubble (gelembung) per cabang olahraga. Itu akan lebih gampang penerapan protokol kesehatannya. Berbeda dengan awal perencanaan dulu yang sistem bubble-nya per negara peserta,” ujarnya. 

Baca Juga: Ajak Pacar Nonton Laga Derby Jateng, Ini Kata Kaesang Soal Kekalahan Persis Solo

Karena menggunakan sistem gelembung per cabang olahraga, maka para atlet dari cabang olahraga yang sama dari berbagai negara peserta akan dikumpulkan di satu hotel. Dan setiap kembali ke hotel usai bertanding atau aktivitas lainnya mereka wajib menjalani tes PCR setiap tiga hari sekali.

“Jadi benar-benar memastikan atlet bebas Covid-19. Dan karena pakai sistem bubble, maka aktivitas atlet juga dibatasi. Mereka tidak boleh keluar masuk hotel seenaknya,” ujar Gibran,

Karena itu, nantinya aktivitas para atlet maupun pelatih akan dibatasi hanya di dalam hotel dan arena pertandingan. Begitu juga dengan interaksi hanya boleh dilakukan dengan orang yang berada dalam gelembung yang sama. 

Baca Juga: Kalah dari PSIS Semarang, JFT: Akan Kita Evaluasi Lagi

“Kami bikin sistem bubble ini juga untuk mengantisipasi jika nanti ada lonjakan Covid-19. Atlet ini tidak akan kemana-mana selama berada dalam bubble-nya. Setelah masuk hotel, mereka akan di hotel terus. Aktivitas makan juga dilakukan di hotel,” ujarnya.

Sedangkan disinggung mengenai kesiapan fasilitas, termasuk penginapan untuk mendukung sistem gelembung tersebut, Gibran mengatakan sejumlah hotel baik bintang empat dan lima sudah siap untuk digunakan. 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X