Bunda Wajib Tahu! Waswas Anak Terkena Hepatitis Akut Misterius, Simak Cara Mudah Mencegah Penularannya

- Jumat, 13 Mei 2022 | 22:59 WIB
Bunda Wajib Tahu! Waswas Anak Terkena Hepatitis Akut Misterius, Simak Cara Mudah Mencegah Penularannya. (dok)
Bunda Wajib Tahu! Waswas Anak Terkena Hepatitis Akut Misterius, Simak Cara Mudah Mencegah Penularannya. (dok)

JEBRES, AYOSOLO.ID -- Merebaknya penyakit hepatitis akut misterius di dunia hingga membuat Organisasi Kesehatan Dunia, WHO sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 15 April 2022 lalu, tentunya membuat masyarakat merasa was-was.

Terlebih bagi orang tua yang memiliki anak berusia di bawah 16 tahun. Pasalnya, penyebab penyakit tersebut sampai saat ini masih belum diketahui. Di sisi lain, hingga saat ini sudah ditemukan 170 kasus di 12 negara di dunia yang tersebar di Eropa, Amerika dan Asia.

Yang lebih membuat khawatir, saat ini penyakit hepatitis akut misterius diketahui sudah masuk ke Indonesia. Bahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan ada 15 kasus hepatitis akut dengan total penderita yang meninggal dunia sebanyak lima orang. Hal ini tentu saja membuat para orang tua menjadi was-was.

Baca Juga: Polri Siapkan Upaya Mitigasi untuk Mencegah PMK Hewan Ternak

Meski menakutkan dan bisa berakibat fatal, namun rupanya cara untuk mencegah agar tidak terkena hepatitis akut misterius ini rupanya sangat mudah dan sebenarnya sudah dijalankan masyarakat sejak Pandemi Covid-19. Yakni dengan menjalankan disiplin protokol kesehatan (prokes).

“Untuk mencegah hepatitis akut pada anak adalah selalu menaati protokol kesehatan. Peran masker cukup penting untuk menghindarkan diri dari berbagai virus,” ujar Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Dr. dr. Dhani Redhono Harioputro.

Karena itu, dokter spesialis anak tersebut mengimbau para orang tua agar mengingatkan anaknya selalu mencuci tangan sebelum makan. Karena cuci tangan yang benar dapat menghilangkan virus di tangan.

Baca Juga: Waspada Wabah PMK, Kapolsek Pasarkliwon Cek Kondisi Hewan Ternak di Pasar Kambing Semanggi

“Untuk menghindari, tetap menggunakan prokes saat ini. Kedua, cuci tangan dulu sebelum kita mengonsumsi makanan karena ini diduga ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X