Perpanjangan Rute hingga Stasiun Palur Diprediksi Tambah Penumpang KRL Solo-Jogja 12 Persen

- Selasa, 28 Juni 2022 | 17:15 WIB
Stasiun Palur berbenah untuk persiapan perpanjangan rute operasional KRL Solo-Jogja. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Stasiun Palur berbenah untuk persiapan perpanjangan rute operasional KRL Solo-Jogja. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

KARANGANYAR,AYOSOLO.ID– PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memprediksi penambahan jumlah penumpang KRL Solo-Jogja hingga 12 persen setelah adanya perpanjangan rute ke timur, yakni hingga Stasiun Palur, Karanganyar.

VP Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba mengatakan saat ini rata-rata volume pengguna KRL Solo-Jogja pada hari kerja sebanyak 12.871 orang per hari. Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna KRL Solo-Jogja pada akhir minggu atau hari libur sebanyak 16.038 orang per hari. 

“Dengan rencana pengoperasian perpanjangan perjalanan KRL hingga Stasiun Palur ini diprediksi penambahan pengguna KRL sebesar 12 persen untuk pengguna pada hari kerja dan kenaikan 11 persen untuk pengguna pada hari libur atau akhir minggu,” ujarnya. 

Baca Juga: Gibran Ingin Stadion Manahan Jadi Venue Pembukaan Piala Dunia U 20 2023

Ia memaparkan, diprediksi jumlah volume pengguna KRL Solo-Jogja tiap hari di Stasiun Solo Jebres sebanyak 522 orang, sedangkan volume pengguna KRL di Stasiun Palur sebanyak 798 orang per hari. 

Data tersebut berdasarkan dari rata-rata pengguna KA Prambanan Ekspres yang beroperasi dari Stasiun Stasiun Palur dan Stasiun Solo Jebres pada tahun 2009 hingga 2012 silam. 

“Diharapkan dengan Pembangunan Elektrifikasi Jalur KA ini dan pengoperasian perjalanan KRL dari Stasiun Palur dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar Kabupaten Karanganyar,” ujarnya. 

“KAI Commuter juga berharap nantinya dengan pengoperasian perjalanan KRL ini dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan mobilisasi dengan menggunakan transportasi publik khususnya KRL menuju wilayah di Kota Solo, Klaten dan Kota Yogyakarta,” imbuh Anne.

Baca Juga: 684 Tenaga Fungsional dan PPPK Pemkot Solo Resmi Dilantik

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjelang Akhir Pekan, Harga Emas Antam Anjlok

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:48 WIB
X